Business

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Senin, 04 Agustus 2014

MERINGKAS INFORMASI

1. Bicara soal mempercantik bulu mata rasanya ganjil jika tidak menyebut masmuta. Masmuta merupakan salah satu kosmetik yang ampuh mempercantik tampilan bulu mata. Tak heran jika torehan masmuta berhasil menciptakan citra bulu mata lentik memancarkan daya pikat.
Warna dasar masmuta adalah hitam, coklat, dan coklat kehitaman. Warna coklat menghasilkan tampilan yang natural dan sering dipilih wanita dengan warna kuning langsat. Sementara masmuta hitam banyak dipilih wanita dengan warna kulit hitam.
Ringkasan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah.
a. Masmuta merupakan kosmetik yang dapat mempercantik bulu mata dan memiliki tiga warna dasar, yaitu hitam, coklat, dan coklat kehitaman.
b. Alat untuk mempercantik bulu mata adalah masmuta yang dapat memancarkan daya pikat dan memiliki aneka macam warna dasar.
c. Mempercantik bulu mata dengan masmuta dapat menciptakan kesan bulu mata menjadi lebih lentik dan memberikan daya pikat.
d. Masmuta adalah kosmetik umtuk memperindah bulu matadan banyak dipilih pemilik kulit warna kuning langsat maupun kulit gelap.
e. Warna dasar masmuta adalah hitam, coklat, dan coklat kehitaman.
2. Perhatikan kutipan teks berikut !
Jarang sekali remaja yang mau menuliskan pengalamannya pada buku harian, bila remaja mau menuliskan pengalaman yang didapat setiap hari, pengalaman tersebut bisa menjadi dasar menulis baik fiksi maupun nonfiksi. Pengalaman yang ditulis pada buku harian, suatu saat dapat dikembangkan menjadi karya kreatif cerpen maupun novel. Selain itu, dapat pula dikembangkan menjadi pengalaman baru bagi remaja yang membacanya.
Oleh karena itu, sebagai remaja yang sedang berkembang fikiran dan kemampuannya, jangan disia-siakan pengalaman yang didapat setiap hari. Tulislah pada buku harian walau hanya garis besarnya. Gunakanlah waktu luang untuk membaca dan merenungkan salah satu pengalaman tersebut dan uraikan dalam bentuk fiksi maupun nonfiksi.
Ringkasan yang tepat untuk bacaan tersebut adalah
a. Remaja hanya sesekali mau menulis pengalamannya pada buku harian. Padahal, remaja mempunyai banyak waktu untuk menuliskannya
b. Remaja yang menuliskan pengalamannya pada buku harian sudah semakin jarang padahal, fikiran dan kemampuan remaja sedang berkembang
c. Remaja masih jarang yang menuliskan pengalamannya pada buku harian. Padahal, pengalaman yang ditulis, dapat menjadi bahan bacaan bagi remaja yang lain.
d. Remaja jarang yang menulis pengalamannya pada buku harian. Padahal, pengalaman tersebut bisa menjadi dasar menulis fiksi dan nonfiksi.
e. Remaja yang sedang berkembang fikiran dan kemampuannya, jangan disia-siakan pengalaman yang didapat setiap hari.

3. Dalam menyusun ringkasan sebuah bacaan, kita dapat mengikuti salah satu petunjuk berikut.
a. Susun kalimat-kalimat pertama setiap paragraf
b. Salin paragraf akhir karena paragraf akhir merupakan inti bacaan.
c. Tentukan kalimat-kalimat penjelas tiap-tiap paragraf dan susun menjadi ringkasan
d. Tentukan inti atau pokok pikiran tiap-tiap paragraf dan simpulkan dalam satu atau dua kalimat.
e. Tentukan gagasan-gagasan setiap kalimat dan susunlah menjadi sebuah ringkasan.

4. Bacalah kutipan berikut dengan saksama.
Buah tomat merupakan buah yang sarat dengan khasiat. Buah tomat dapat mencegah penyakit kekurangn vitamin. Disamping itu itu juga mencegah kangker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, kolera, dan serangan empedu.
Selain kaya manfaat, tomat juga lezat disantap. Bahkan sebagai saus atau diracik menjadi masakan pun mampu membius para penikmatnya. Di Prancis, tomat disebut pomme d`amour atau apel cinta. Jika ingin sehat dan bebas dari kanker, cobalah rutin mengkosumsi “si apel cinta”
Ringkasan yang tepat bacaan tersebut adalah
a. Tomat buah sarat khasiat dan lezat disantap.
b. Buah tomat atau apel cinta dapat mencegah penyakit kanker.
c. Buah tomat sarat khasiat, kaya manfaat bagi penderita penyakit
d. Buah tomat selain mencegah juga mengobati berbagai penyakit.
e. Tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, kolera, dan serangan empedu.

5. Langkah-langkah untuk membuat ringkasan sebuah bacaan, kecuali
a. Membaca naskah asli satu demi satu.
b. Mencatat gagasan utama semua paragraf.
c. Mencatat bagian bacaan yang dianggap penting
d. Dari gagasan-gagasan penting disususn menjadi ringkasan.
e. Bentuk ringkasan harus sama dengan karangan asli.

6. Perhatikan dengan seksama kutipan bacaan berikut ini!
Teknologi internet memang sangat dibutuhkan untuk memuluskan proses belajar di kalangan pelajar. Kemudahan informasi yang ditawarkan internet demi menghindari penyalahgunaan teknologi ini di kalangan pelajar. Tak hanya dari keluarga, dari sekolah, dan pihak lainnya juga diwajibkan melakukan pengawasan terhadap para pelajar.
Lione Putri Misani, perwakilan corporate social responsibility & Development Intilative (CSRDI) Waspada online bidang information and communication (ICT) menuturkan pengawasan yang paling sering dilakukan oleh pihak terkait adalah memblokir situs-situs yang dianggap merusak moral generasi muda. Lebih lanjut, Lione menyatakan bahwa seiring dengan teknologi semakin cangih, pemblokiran seperti itu sudah disiasati sehingga yang paling di perlukan adalah sharing knowladge akan kegunaan internet secara benar
Ringkasan yang tepat berdasarkan kutipan bacaan tersebut adalah
a. Teknologi internet sangat dibutuhkan. Namun, perlu pengawasan dari berbagai pihak agar internet dapat digunakan secara benar.
b. Seiring dengan teknologi semakin cangih, pemblokiran situs yang dapat merusak moral generasi muda diikuti dengan pengawasan yang ketat
c. Semua pihak harus terlibat dalam pengawasan internet terutama di kalangan pelajar. Hal ini dimaksud kan untuk menghindari terjadinya dampak negatif.
d. Masa depan generasi muda menjadi tangung jawab semua pihak. Oleh karena itu, semua komponen bangsa berperan dalam mengawasi pengunaan internet.
e. Tak hanya dari keluarga, dari sekolah dan pihak lainnya juga diwajibkan melakukan pengawasan terhadap para pelajar.

7. Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam mengatasi kependudukan. Salah satu fokus perhatian yang layak diketahui masyarakat adalah mengenai tanggungan beban negara karena banyaknya generasi muda dan meningkatnya penduduk usia lanjut.
Ketika Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan , 17 Agustus 1945, oleh Soekarno—Hatta, jumlah penduduk negara kita sekitar 70 juta jiwa, sedangkan hasil sensus penduduk tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa. Sejak kemerdekaan hingga kini, penduduk Indonesia telah berkembang hampir tiga kali lipat, yakni 213, 45 juta jiwa.
Ringkasan kutipan bacaan tersebut adalah
a. Penduduk Indonesia berjumlah 213, 45 juta, terdiri atas generasi muda dan penduduk usia lanjut.
b. Indonesia diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945. Pada waktu itu penduduk Indonesia 70 juta jiwa.
c. Penduduk Indonesia setiap tahun bertambah terus karena masyarakat tidak tertarik ikut program KB.
d. Jumlah penduduk Indonesia setiap tahun berkembang terus sehingga menjadi beban pemerintah.
e. Indonesia terus berjuang terus dalam mengatasi masalah penduduk yang berkembang hampir tiga kali lipat sejak kemerdekaan.

8. Mutu pendidikan Indonesia yang terpuruk sejak beberapa tahun terakhir ini diharapkan meningkat pada tahun 2004. Mulai dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi, pendidikan Indonesia menduduki urutan ke-10 di Asia Pasifik.
Ringkasan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah
a. Mutu pendidikan Indonesia terpuruk.
b. Terpuruknya pendidikan Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor.
c. Mutu pendidikan Indonesia meningkat tahun 2004
d. Mulai SD samapai perguruan tinggi pendidikan Indonesia menduduki urutan ke-10 di negara Asia pasifik.
e. Mutu pendidikan Indonesia diharapkan meningkat pada tahun 2004 dan menduduki urutan ke-10 di negara Asia Pasifik.

9. Merujuk pada beberapa studi perekonomian, Marjiono menyampaikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dapat menyerap tenaga kerja lebih kurang 400 ribu orang. Jateng menyumbang sekitar 10 % kapada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan dapat menyediakan lapangan kerja bagi 40 ribu orang. “Dengan pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41 % maka dapat terserap tenaga kerja 176.400 orang, “ sambungnya. Kita berharap Indonesia dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.
Ringkasan artikel tersebut adalah....
a. Jateng menyumbang sekitar 10% kepada pertumbuhan, berarti menyediakan lapangan kerja untuk 40.000 orang
b. Kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja
c. Tahun ini tenaga kerja Jateng yang terserap 176.400 dan itu memberikan sumbangan kepada pertumbuhan nasional
d. Kenaikan 1% di Jateng diperkirakan akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.
e. Kenaikan 1% pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah berbeda dalam menyerap tenaga kerja.

10. Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi bahasa Jawa sebagai media komunikasi sudah mulai bergeser. Bahkan, di kalangan generasi sekarang semakin terasa asing. Inilah yang menimbulkan kekhawatiran beberapa pihak, termasuk PBB. Penelitian yang dilakukan Unesco mensinyalir dari sekitar 6.703 bahasa daerah tercatat sejak tahun 1996 hingga 1999 mengalami proses kepunahan yang signifikan, yaitu antara 5 sampai 10 bahasa ibu. Indonesia sendiri semula memiliki 666 bahasa ibu, tetapi setiap tahunnya berkurang antara 5 sampai 10 bahasa. Khusus bahasa Jawa untuk lingkup internasional menempati posisi ke-11 dari jumlah penuturnya, yaitu 75,5 juta jiwa. Jumlah tersebut berada di atas bahasa Korea yang penuturnya 75 juta jiwa dan di bawah bahasa Cina Wu yang jumlah penuturnya 77,2 juta jiwa.
Di kemudian hari bahasa Jawa sebagai bahasa ibu tidak mustahil akan punah dan hilang dari muasalnya bila tidak diuri-uri. Keprihatinan tersebut bukannya tanpa alasan karena secara faktual kondisi bahasa Jawa kian terpinggirkan dan mulai jauh dari percaturan publik di komunitasnya sendiri. Bila diamati dengan seksama ada beberapa faktor yang melatarbelakangi fenomena tersebut. Pertama, peristiwa tutur yang dulu dengan lancar diselenggarakan dengan bahsa daerah sekarang menjadi berkurang. Tereduksinya peristiwa tutur tersebut juga terjadi pada sebagian penutur bahasa Jawa.
Dikutip dengan perubahan dari Kedaulatan Rakyat, 7 Mei 2006
Ringkasan penggalan artikel tersebut yang tepat adalah....
a. Kondisi bahasa Jawa sebagai media komunikasi tidak bisa dipungkiri sudah mulai bergeser dan mengkhawatirkan beberapa pihak.
b. Kondisi bahasa Jawa sebagai media komunikasi sudah mulai bergeser dan menimbulkan keprihatianan yang cukup beralasan.
c. Kondisi bahasa Jawa sebagai media komunikasi sudah mulai bergeser dan bisa punah bila tidak dilestarikan penggunaannya.
d. Kondisi bahasa Jawa sebagai media komunikasi sudah mulai bergeser karena secara faktual makin terpinggirkan dan jauh dari percaturan publik.
e. Kondisi bahasa Jawa sebagai media komunikasi tidak bisa dipungkiri sudah mulai bergeser dan tereduksi penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Comments system

 

BTIKP KALSEL

 photo btikp2_zps417db702.jpg

RUMAH BELAJAR

My Link

Rumah banjar

 photo rumahbanjar2_zpsa54d2e1e.jpg