Business

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Kamis, 15 Oktober 2015

Manfaat Internet dalam Dunia Pendidikan

Mungkin jika dilihat dari segala manfaatnya, kita terus berpikir internet itu sangat berarti dalam dunia pendidikan. Tapi pernakah dalam pikiran anda muncul pertanyaan, apakah internet itu dapat berdampak negatif juga di dunia pendidikan? Jawabnya : Ya, sebab jika dilihat dari beberapa kasus, sudah banyak pelajar yang terjerumus dalam perilaku sewenang-wenang, pemerkosaan, pencurian, dan lain sebagainya. Tetapi bukan berarti internet tidak memiliki manfaat di dalam dunia pendidikan. Jika dikaji, sangatlah banyak maanfaat internet dalam dunia pendidikan, antara lain :
1. Mencari informasi
Dengan internet kita dapat mencari informasi tentang berbagai hal di dunia pendidikan,seperti perubahan kurikulum disetiap tahunnya,berbagai contoh dan cara mengerjakan soal ulangan maupun UN untuk semua bidang studi.
2. Berkomunikasi/Jejaring sosial
Kita dapat berkomunikasi dengan orang di berbagai pelosok dunia, melalui jejaring sosial seperti: email, facebook, twitter, dan lain-lain.
3. Sebagai sarana pembelajaran
Melalui internet kita dapat belajar berbagai hal mulai dari materi yang dipelajari saat ini di sekolah yang telah berlalu dan yang belum dipelajari
4. Sebagai sarana untuk mencari Beasiswa baik diluar maupun di dalam sekolah
Dengan internet kita dapat mendapatkan informasi tentang Beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemerintah disetiap tahun/semester, baik itu di luar sekolah maupun di dalam sekolah.
5. Internet sebagai sarana pendidikan jarak jauhPendidkan jarak jauh artinya kita tidak harus selalu berada di satu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan. Dengan internet kita dapat mengakses situs Web selama 24 jam sehari, tak peduli dimanapun kita berada.

Sekarang internet sudah menyebar ke seluruh dunia, internet sudah tidak mengenal usia, baik yang muda, anak-anak, remaja, sampai yang tuapun sudah mengenal apa itu internet. Tetapi, jika dilihat dari manfaat internet bagi dunia pendidikan, tidak menutup kemungkinan untuk kita tidak terus rajin menuntut ilmu, biarpun dengan canggihnya teknologi di zaman sekarang ini, tetapi pendidkan di sekolah tetap harus terus berjalan.
Berbagai manfaat internet tersebut dapat kita gunakan sebaik-baik mungkin dalam melaksanakan proses belajar mengajar didalam atau di luar sekolah. Murid ataupun guru dapat menggunakan internet, sehingga belajar dan mengajar dapat berjalan dengan lancar dan mudah. Dengan internet kita dapat mengenal budaya lebih jauh lagi dan kemajuan sejarah serta komunikasi yang lebih lancar lagi. Akses cepat dan tariff yang begitu murah juga termasuk manfaat utama internet dalam berbagai bidang. Kemudian informasi dapat diubah kapanpun dan dimana pun secara cepat yang dapat membantu pemahaman kita.
Jadi dalam berinternet kita jangan menutup diri terhadapnya. Kita harus bisa menyaring mana yang baik dan mana yang tidak baik.
Dengan kemajuan teknologi tersebut termasuk internet, kita jangan lupa waktu dalam belajar dan lupa untuk beribadah. Kita sebaiknya menggunakan internet dengan niat yang baik untuk belajar untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan kita.

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Comments system

 

BTIKP KALSEL

 photo btikp2_zps417db702.jpg

RUMAH BELAJAR

My Link

Rumah banjar

 photo rumahbanjar2_zpsa54d2e1e.jpg