Business

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 12 Juni 2015

FAKTA

Dalam kamus fakta berarti kenyataan. Kalimat fakta artinya kalimat yang mengandung hal yang nyata, sesuatu yang benar-benar ada, terjadi dan ada buktinya. Sesuatu itu dapat ditanyakan dengan pertanyaan, apa, siapa, mengapa, kapan, di mana. Misalnya menanyakan tentang benda, tentang seseorang, sebab terjadinya suatu peristiwa, waktu terjadinya dan proses terjadinya peristiwa itu. Fakta tidak memasalahkan apakah pendapat orang tentang fakta itu. Pernyataan- pernyataan yang berdasarkan fakta apalagi fakta itu baru,maka pernyataan itu disebut pernyataan faktual.
Contoh 1
Musyarofah memimpin kelompok Ternak Itik Sumber Rezeki di Desa Tawangrejo, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Selain menjadi tujuan studi banding, kelompoknya juga meraih penghargaan regional dan nasional. Berkat itik, kelompoknya meraih penghargaan dari Presiden dan Menteri Pertanian pada 14 Desember 2012, Kelompok Sumber Rezeki juga mendapat berbagai penghargaan lain. “Berkat bebek, saya bisa bersalaman dan mendapat hadiah dari Presiden,” tuturnya. ( Kompas, Rabu, 15 Mei 2013).
Kutipan di atas memuat beberapa fakta yang dapat ditanyakan dengan kata tanya , apa, siapa, kapan, di mana, mengapa. Pertanyaan itu sering disebut dengan 5W + 1H dalam istilah jurnalistik. Sehingga jika ditanyakan dengan kata tanya itu akan ada jawaban dalam kutipan tersebut.
Apa yang dibahas dalam kutipan itu?-----Keberhasilan kelompok Ternak Sumber Rezeki.
Siapa pelopornya? ------ Ibu Musyarofah
Di mana? -------Desa Tawangrejo, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan. Jawa Timur
Kapan mendapat penghargaan? ------- 14 Desember 2012
Mengapa mendapat penghargaan? ------- Karena kelompok Ternak Itik Sumber Rezeki berhasil.
Contoh 2
Bencana erupsi Merapi yang dimulai pada 26 Oktober 2010 dan 5 Nopember 2010, mengakibatkan adanya perubahan ekosistem (primer,sekunder, tersier) yang ada di sekitar kawasan Gunung Merapi sampai dengan radius tertentu. Perubahan ekosistem tersebut di antaranya rusajnya Tanaman Hutan Taman NasionaL Gunung Merapi (TNGM) akibat guyuran awan panas dan material vulkanik lain, berkurangnya berbagai flora dan fauna yang ada di lereng Merapi. Tetimbunnya berbagai sumber air, Adanya pencemaran akibat abu vulkanik dan erupsi.
( Kalpataru, Juni 2011)

Kutipan di atas mempunyai banyak fakta, kejadian- krjadian yang sebenarnya dan dapat dilacak kebenarannya, Dengan kata lain fakta itu dapat dibuktikan dengan bukti yang sah. Pembuktian tersebut dapat berupa bukti peristiwa yang sudah terjadi yang dibuktikan denga waktu dan temapat, benda, atau acuan sumber rujukan yang meyakinkan. Pembicaraan tentang fakta sebenarnya tidak dapat dipisahkan dengan opini. Materi opini dibahas dalam urutan berikutnya,

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Comments system

 

BTIKP KALSEL

 photo btikp2_zps417db702.jpg

RUMAH BELAJAR

My Link

Rumah banjar

 photo rumahbanjar2_zpsa54d2e1e.jpg