Business

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Senin, 20 Juli 2015

Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan EYD


     1.     Alinea pembuka untuk surat lamaran pekerjaan yang diajukan atas inisiatif sendiri adalah ....
a.     Saya mengajukan diri untuk bergabung di perusahaan Bapak setelah membaca iklan di harian Kompas, minggu lalu.
b.     Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Kompas edisi 30 Mei 2015, saya mengajukan diri untuk menjadi staf IT di perusahaan yang Bapak pimpin.
c.     Menurut informasi yang saya dapatkan, saya hendak mengisi lowongan pekerjaan sebagai manajer keuangan di perusahaan Bapak/Ibu.
d.     Melalui surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
e.     Saya mengajukan lamaran pekerjaan ini untuk mengisi kekurangan di bidang keuangan sesuai dengan informasi yang ditulis di papan pengumuman.

2.     Dicari seorang profesional dalam bidang arsitektur, berpengalaman, terampil, lancar berbahasa inggris, dan memiliki dedikasi.
Berdasarkan iklan tersebut, kalimat pembukaan dalam surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah ....
a.     Dengan hormat, saya mengharapkan Bapak/Ibu menerima lamaran pekerjaan ini.
b.     Dengan hormat, saya mengirimkan lamaran sesuai dengan informasi tersebut.
c.     Dengan hormat, saya sudah lama menjadi arsitek dan saya kira saya akan mendapatkan pekerjaan tersebut.
d.     Dengan hormat, setelah saya membaca iklan lowongan tersebut, saya merasa memenuhi persyaratan itu.
e.     Dengan hormat, setelah saya membaca iklan lowongan tersebut, saya akan segera memenuhi persyaratannya.
3.     Berikut ini kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tidak tepat, kecuali ....
a.     Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
b.     Saya memiliki pengalaman dan akan berdedikasi tinggi untuk perusahaan.
c.     Berkenaan dengan hal itu, saya mengucapkan banyak terima kasih.
d.     Dengan surat ini, saya harap lamaran ini dapat diterima dengan baik.
e.     Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
4.     Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bahasa surat lamaran pekerjaan, kecuali ....
a.     menggunakan bahasa yang santun
b.     tidak menggunakan istilah yang sulit dipahami
c.     menggunakan kalimat yang jelas dan singkat
d.     menggunakan bentuk pronomina selain saya
e.     menggunakan bahasa yang sesingkat-singkatnya
5.     Menurut EYD, penulisan alamat surat yang benar adalah ....
a.     Yth. Sdr. Rigan Agung Turgana Jalan Pasirwangi 8A Bandung
b.     Yth. Sdr. Rigan Agung Turgana Jalan Pasirwangi 8A Bandung.
c.     Yth. Sdr. Rigan Agung Turgana, Jalan Pasirwangi 8A Bandung
d.     Yth. Sdr. Rigan Agung Turgana, Jalan Pasirwangi, 8A Bandung
e.     Yth. Sdr. Rigan Agung Turgana. Jalan Pasirwangi 8A. Bandung.

 6.     Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ....
a.     Setelah membaca iklan Bapak yang dimuat di harian Kompas, 31 Mei 2015, saya tertarik dengan syarat-syarat yang Bapak tuliskan dalam iklan tersebut, kemudian saya mengajukan surat lamaran pekerjaan ini untuk bergabung di perusahaan yang Bapak pimpin.
b.     Perusahaan Bapak membutuhkan karyawan baru dengan syarat pria, lulusan D-3 akuntasi, memiliki IPK 3,00, berpengalaman selama dua tahun di bidang akunting. Saya merasa menenuhi persyaratan tersebut dan saya mengajukan lamaran pekerjaan ini.
c.     Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Kompas, 31 Mei 2015 bahwa perusahaan Bapak membutuhkan seorang akunting yang berpengalaman, lulusan D-3, dan memiliki IPK minimal 3,00 dengan surat ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan.
d.     Bapak memasang iklan lowongan pekerjaan di harian Kompas, 31 Mei 2015 dengan syarat-syarat pria, lulusan D-3, dan memiliki IPK minimal 3,00. Karena itu, saya mencoba mengajukan surat lamaran sebagai karyawan baru akunting di perusahaan Bapak.
e.     Dalam harian Kompas, ada iklan lowongan pekerjaan dengan syarat pria, lulusan D-3, dan memiliki nilai IPK 3,00. Bersama surat ini, saya mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada perusahaan agar diterima sebagai karyawan.
7.     Penulisan alamat surat luar yang benar adalah ....
a.     Kepada Personalia PT. Pertama
Jalan Gatot Subroto no. 9. Jakarta Pusat.
b.     Kepada
Yth. Kepala Personalia P.T. Anugerah
Jalan Buah Batu No. 45A, Bandung.
c.     Yth. Kepala Produksi PT. Sentosa
Jln Hasibuan no. 176, Bekasi.
d.     Kepada
Yth. Saudara Ketua Panitia
Lomba Tingkat Nasional Penulisan
Cerita Rakyat Tahun 2015
Jalan Kebon Nanas Selatan No. 78 br>Jakarta Timur
e.     Yth. Kepala Produksi PT. Tekstil
Jalan Moch. Toha Km. 144, Bandung
8.     Penulisan identitas yang tepat dalam surat lamaran pekerjaan adalah ....
a.     Nama : Ilham Gustia
Tempat, tanggal lahir: Bekasi, 25 Agustus 1989
Alamat : Jalan Permai Asri no. 67, Bekasi.
b.     nama : Ilham Gustia
tempat, tanggal lahir: Bekasi, 25 Agustus 1989
alamat : Jln Permai Asri No 67 Bekasi
c.     nama : Ilham Gustia
tempat, tanggal lahir: Bekasi 25 Agustus 1989
alamat : Jalan Permai Asri No. 67, Bekasi
d.     nama : Ilham Gustia
tempat, tanggal lahir: Bekasi, 25 Agustus 1989
alamat : Jalan Permai Asri No. 67, Bekasi
e.     Nama : Ilham Gustia
Tempat, tanggal lahir: Bekasi, 25 Agustus 1989
Alamat : Jalan Permai Asri No. 67, Bekasi
9.     Cermatilah kalimat berikut ini.
Besar harapan saya untuk diterima diperusahaan Bapak ini. Atas kebaikan Bapak, dihaturkan terima kasih.
Kalimat tersebut tidak tepat untuk ditulis sebagai kalimat penutup surat lamaran pekerjaan, sebaiknya diganti menjadi ....
a.     Saya berbesar harapan kepada Bapak untuk mempertimbangkan lamaran saya. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.
b.     Besar harapan saya, Bapak menerima saya di perusahaan. Atas kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih.
c.     Saya berharap Bapak dapat menerima saya di perusahaan. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
d.     Sudilah kiranya Bapak menerima saya di perusahaan. Atas perhatiannya, saya haturkan terima kasih.
e.     Mohon diterima lamaran ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
10.  Kalimat pembuka surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan yang tepat adalah ....
a.     Lamaran yang Anda ajukan telah sampai pada kami, tetapi saat ini belum ada lowongan.
b.     Dengan surat ini, kami memberitahukan bahwa Anda ditolak.
c.     Kami tidak bisa menerima saudara karena perusahaan kami belum memerlukan pegawai baru.
d.     Terima kasih atas surat lamaran pekerjaan Anda. Mohon maaf kesempatan Anda sudah terisi oleh orang lain.
e.     Berdasarkan surat lamaran Anda tertanggal 17 Mei 2015, dengan ini kami beritahukan bahwa Saudara tidak diterima di perusahaan ini karena kurang memenuhi syarat.

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Comments system

 

BTIKP KALSEL

 photo btikp2_zps417db702.jpg

RUMAH BELAJAR

My Link

Rumah banjar

 photo rumahbanjar2_zpsa54d2e1e.jpg