Business

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 16 Oktober 2015

Manfaat dan Fungsi Perpustakaan

Beberapa waktu yang lalu, saya mengajak siswa kelas XII IPA dan IPS masing-masing satu segmen untuk mengunjungi perpustakaan daerah kabupaten Hulu Sungai Utara. Pada kunjungan kali ini bertepatan dengan materi yang saya ajarkan, yaitu: Meresensi buku kumpulan cerpen. Selain untuk menyelesaikan tugas, saya juga ingin mengenalkan kepada siswa bahwa perpustakaan adalah tempat yang tepat bagi mereka untuk menambah wawasan. Di sekolah saya memang sudah memiliki perpustakaan, tetapi referensinya masih terbatas karena sekolah tempat saya mengajar masih baru. 
Saya ingin menanamkan kepada siswa bahwa perpustakan adalah salah satu sarana pendidikan dan penunjang kegiatan belajar yang memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Beberapa manfaat perpustakaan antara lain:
  • Dapat menimbulkan kecintaan murid-murid terhadap membaca
  • Dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid
  • Dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri
  • Dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca
  • Dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa
  • Dapat membantu murid-murid menyelesaikan tugas-tugas sekolah 
  • Dapat membantu menemukan sumber-sumber pelajaran
  • Dapat membantu dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Selain manfaat yang didapat, perpustakaan dapat berfungsi sebagai:

Sarana edukatif 
Perpustakaan menyediakan buku-buku baik fiksi maupun nonfiksi. Adanya buku-buku tersebut dapat membiasakan siswa-siswa belajar mandiri. Selain itu adanya perpustakaan dapat meningkatkan minat membaca siswa-siswa sehingga meningkatkan penguasaan teknik membaca. 

Sarana informatif 
Perpustakaan menyediakan berbagai macam informasi baik tercetak, terekam dan koleksi lainnya yang dapat memberikan informasi atau keterangan yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan.

Sarana tanggung jawab administratif 
Dalam perpustakaan terdapat hal-hal yang dilakukan oleh siswa, seperti peminjaman dan pengembalian buku dan adanya tata tertib perpustakaan yang harus dipatuhi oleh siswa. Semua itu selain mendidik siswa-siswa kearah tanggung jawab juga membiasakan untuk bersikap dan bertindak secara administratif.

Sarana riset 
Adanya bahan pustaka yang lengkap di dalam perpustakaan akan membantu siswa dan guru dalam melakukan riset dengan mengumpulkan data-data atau keterangan yang diperlukan dengan cara membaca buku-buku yang tersedia di perpustakaan.

Sarana rekreatif 
Siswa dapat menggunakan perpustakaan untuk memanfaatkan waktu senggang yang ada dalam menciptakan kehidupan yang seimbang antara jasmani dan rohani. Hal ini juga akan menunjang kegiatan kreatif sebagai hiburan yang positif.

Kegiatan ini sangat didukung oleh kepala sekolah, tetapi mengingat jarak dan alokasi waktu yang dibutuhkan kunjungan ini hanya dilakukan sekali dalam satu tahun bertepatan dengan materi di atas. Dari kegiatan ini, diharapkan aktivitas siswa akan meningkat dengan mengunjungi perpustakaan di waktu senggang mereka pada sore hari atau pada saat libur. 
Untuk perpustakaan di sekolah, saya yang kebetulan mendapat tugas tambahan sebagai kepala perpustakaan sekolah akan mengusahakan untuk melengkapi referensi bacaan dan menata ruangnya agar siswa dapat berkunjung dan mencari bahan belajarnya setiap saat di jam sekolah. 

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Comments system

 

BTIKP KALSEL

 photo btikp2_zps417db702.jpg

RUMAH BELAJAR

My Link

Rumah banjar

 photo rumahbanjar2_zpsa54d2e1e.jpg